Minggu, 09 September 2012

Apa itu MODEM?



Modem berasal dari singkatan Modulator Demodulator. Kedua kata ini memiliki arti yang mereka sendiri.

Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa (carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik.
Modem adalah penggabungan antara dua kata tersebut.  penggabungan kedua-duanya, artinya modem adalah alat komunikasi dua arah. Setiap perangkat komunikasi jarak jauh dua-arah umumnya menggunakan bagian yang disebut "modem", seperti VSAT, Microwave Radio, dan lain sebagainya, namun umumnya istilah modem lebih dikenal sebagai Perangkat keras yang sering digunakan untuk komunikasi pada komputer.

Pada umumnya cara kerja MODEM adalah sebagai berikut:
  1. Data dari komputer yang berbentuk sinyal digital diberikan kepada modem untuk diubah menjadi sinyal analog. 
  2. Sinyal analog tersebut dapat dikirimkan melaluli beberapa media komunikasi seperti telepon dan radio. 
  3. Setibanya di modem tujuan, sinyal analog tersebut diubah menjadi sinyal digital kembali dan dikirimkan kepada komputer.
  4.  Terdapat dua jenis modem secara fisiknya, yaitu modem eksternal dan modem internal.

Terdapat dua jenis modem secara fisiknya, yaitu modem eksternal dan modem internal.

1. Modem Internal

Modem internal merupakan modem yang dipasang dalam komputer terutama pada slot ekspansi yang tersedia dalam mainboard komputer. Modem internal mempunyai kecepatan untuk melakukan download informasi rata-rata 56 Kbps. Modem internal mempunyai bentuk berupa card (mirip dengan VGA card). Sistem pemasangan modem ini lebih mudah dibandingkan dengan modem eksternal. Hal ini disebabkan karena modem internal langsung dipasang dalam mainboard dan juga tidak membutuhkan adaptor dengan kabel penghubung yang menghubungkan modem telepon. 

2. Modem Eksternal

Modem eksternal merupakan modem yang letaknya di luar CPU komputer. Modem eksternal dihubungkan ke komputer melalui port COM atau USB. Pemasangan modem ini adalah dengan cara menghubungkan modem ke power dan menghubungkannya lagi ke adaptor lalu disambungkan kembali ke listrik. Penggunaan modem ini lebih rumit dibandingkan modem internal.

Ada beberapa jenis MODEM selain dua jenis diatas, yaitu sebagai berikut:
- Modem ISDN
- Modem GSM
- Modem CDMA
- Modem Analog
- Modem ADSL
- Modem Kabel
- etc.

(Modem Internal)

(Modem Eksternal)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar