Minggu, 09 September 2012

LAN Card and Switch!

LAN Card 


Ethernet card atau juga bisa disebut LAN card digunakan sebagai kartu antarmuka jaringan untuk transmisi data antarkomputer yang terkoneksi. Ethernet card yang disebut juga dengan Network Interface Card disingkat NIC dapat dibeli sesuai dengan kebutuhan.

Pengertian LAN (Local Area Network) adalah sebuah jaringan komputer yang hanya mencakup wilayah kecil. Jaringan LAN biasanya hanya mencakup satu gedung atau rumah, misalnya jaringan LAN di kantor, hotel, bandara, warnet, atau di dalam rumah.

Pada sebuah jaringan LAN, kecepatan transfer datanya dalam kisaran 10, 100, atau 1000 Mbit/second. Teknologi yang paling banyak di gunakan dalam jaringan LAN adalah teknologi IEEE 802.3 Ethernet di mana hardware yang di gunakan biasa di sebut LAN card. 


Ethernet card bekerja dengan menggunakan kecepatan transfer data dalam satuan bit per seconnd (bps). Kecepatan transfer data tersebut dimulai dari 10bps, 100bps, dan 1000bps. Jenis-jenis ethernet card antara lain adalah berikut:
1.       Ethernet,
2.       Fast ethernet,
3.       Gigabit ethernet.
S

Switch 
 
Pengalih jaringan atau switch adalah sebuah alat jaringan yang melakukan penjembatan tak tampak (penghubung penyekatan (segmentation)) banyak jaringan dengan pengalihan berdasarkan alamat MAC).


Switch jaringan dapat digunakan sebagai penghubung komputer atau penghala pada satu area yang terbatas, pengalih juga bekerja pada lapisan taut data (data link), cara kerja pengalih hampir sama seperti jembatan (bridge), tetapi switch memiliki sejumlah porta sehingga sering dinamakan jembatan pancaporta (multi-port bridge).


Ada beberapa macam Switch yang ada di pasaran, ada yang bekerja di Layer 2 dan Layer 3 pada lapisan OSI. 
Berikut jenis-jenisnya:

ATM Switch
ISDN Switch
DSLAM Switch
Ethernet Switch
 






Tidak ada komentar:

Posting Komentar